Sosialisasi Potensi Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Regulasi Undang-undang

Sosialisasi Potensi Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Regulasi Undang-undang

Rabu, 23 Januari 2019, K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) SMP Negeri Depok mengadakan Sosialisasi dengan Tema “Potensi Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran” dengan dihadiri oleh Satgas Saber Pungli Kota Depok yaitu Inspektur Satu (IPTU) Sukasto sebagai Narasumber beserta Komite Sekolah SMP Negeri Depok dari 26 SMP Negeri se Kota Depok.

Acara yang dilangsungkan di SMP Negeri 2 Depok ini sejak pukul 8.30 sampai dengan selesai, cukup memancing antusiasme para peserta sosialisasi. Dalam sosialisasi ini, narasumber IPTU Sukasto yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubag Hukum Polres Depok menegaskan bahwasanya keterikatan dan kekompakan antara Pihak Sekolah dengan Komite Sekolah harus terjalin dengan baik, sehingga dapat bersinergi demi kemajuan dan kelancaran belajar dan mengajar di sekolah.

Terkait dengan kegiatan sekolah diluar anggaran yang didapatkan dari APBN maupun APBD, Komite Sekolah wajib untuk membuatkan proposal kegiatan dengan menyiapkan rekening bersama antara Pihak Sekolah dengan Pihak Komite. Setiap kegiatan sekolah harus tercantum dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Bila dalam RKAS belum tercantum, maka harus dilakukan perubahan melalui addendum.

Sosialisasi ini selain membahas permasalahan-permasalahan yang kerap timbul seputar PPDB, penggalangan dana, pemberdayaan sosial media sebagai sarana informasi dan masih banyak lagi, juga disertai penjelasan dari sisi hukum yang berlaku.

Leave a comment